MENGHARUKAN.. KISAH SEORANG BOCAH SD YANG MERAWAT AYAHNYA YG LUMPUH SEORANG DIRI. SEBARKAN!! BIAR PARA PEJABAT NEGERI INI TAU..

MENGHARUKAN.. KISAH SEORANG BOCAH SD YANG MERAWAT AYAHNYA YG LUMPUH SEORANG DIRI. SEBARKAN!! BIAR PARA PEJABAT NEGERI INI TAU..

Minggu, 23 April 2017, April 23, 2017
Cerita bocah bernama kendar ini begitu memilukan. ia tiap hari seseorang diri mengasuh bapaknya yang terbaring tidak berdaya karna lumpuh. gimana ceritanya?

pagi itu, kandar nampak amat tabah menyuapi makan bapaknya, rasim (42) , yang terkulai lemah tidak berdaya di tempat tidur kayu di rumahnya di rt 06 dukuh pucung, desa karang bawang, kecamatan ajibarang, banyumas, jawa tengah. rumah mereka benar amat simpel, dibuat dari kayu dan juga anyaman bambu dan beralaskan tanah.

sehabis menyuapi bapaknya makan dengan nasi dan juga kemilan warung ala kadarnya, kendar juga bersiap berangkat ke sekolahnya di sekolah dasar negara 1 karang bawang. walaupun badannya kecil dan juga masih duduk di bangku kelas iv sd, usia kendar dikala ini sudah dekat 13 tahun.

6 tahun sudah kendar mengasuh seseorang diri bapaknya yang mengidap kelumpuhan. segala urusan rumah tangga, mulai sediakan santapan sampai memandikan dan mengurus keperluan si bapak yang lain dikerjakannya seorang diri, yang kesimpulannya menyebabkan pribadinya banyak tertinggal pelajaran di sekolah.

" tiap hari ya mengambilkan santapan buat ayah, nyuapin ayah, mandiin, nyuci baju, nyuci piring, merapikan rumah. aku ikhlas ngurusin ayah, " kata kendar dikala berbincang dengan detikcom, sabtu (11/3/2017).

benar ke mana ibunya? bagi kendar, ibunya, tasmini (40) , terpaksa merantau ke jakarta dan juga bekerja bagaikan pembantu supaya keluarganya senantiasa dapat makan. sebaliknya kakaknya, darmanto, dimasukkan ke suatu pesantren free oleh masyarakat dekat buat meringankan beban keluarganya.

" buat kebutuhan tiap hari, nunggu kiriman. bahwa bunda kirim, dapat makan. tetapi, bahwa belum kirim, aku utang dahulu di warung, " sambung anak kedua di keluarganya ini.

kendar berharap bapaknya dapat lekas sembuh dari kelumpuhan supaya masa depannya tidak lenyap. ia berharap dapat terus bersekolah supaya nanti dapat bekerja dan juga turut menopang perekonomian keluarga.

" harapannya, ayah kilat sembuh supaya ayah dapat mengasuh saya dan juga kakakku lagi. pinginnya ayah seperti dahulu lagi. sudah lama ayah sakit, " ucapnya lirih.

saat sebelum hadapi kelumpuhan, rasim jadi tulang punggung keluarga dengan bekerja bagaikan penderes nira buat membikin gula jawa. tetapi, sejak 2010, pribadinya terserang indikasi penyakit cikungunya sampai dirawat sepanjang 1 minggu di rumah sakit.

" berobat 1 minggu di rumah sakit tidak sembuh. jadi kembali, hingga duit habis, tidak dapat berobat lagi, " ucap kasim. semenjak dikala seperti itu kendar berfungsi mengasuh pribadinya, sedangkan istrinya merantau ke jakarta jadi pembantu rumah tangga buat menyambung kehidupan mereka. karna keadaan itu, kendar terpaksa kerap izin kepada gurunya karna tidak dapat berangkat ke sekolah buat mengurusinya.

" aku kasihan sama kendar. seluruhnya ditangani kendar. jadi aku nelangsa (berkecil hati) sekali, kepingin nangis. soalnya, anak kecil itu belum waktunya ngurusin aku, tetapi sudah bekerja berat, ngurusin aku seluruhnya, " kata rasim, yang tergeletak lemah sembari meneteskan air mata. terlebih kendar pula diprediksi mempunyai indikasi penyakit yang mirip serupa pribadinya. teruji anak ini kesusahan beraktifitas serupa dikala jongkok, kakinya tidak dapat menekuk, dan juga kedua tangannya tidak dapat menggenggam.

" memiliki anak 2 sakit seluruh. yang cacat darmanto dan juga kendar, tangannya tidak dapat genggam, dua - duanya, terus kaki tidak dapat nekuk, dua - duanya sakit seluruh. sakit apa aku pula tidak ketahui, " ucapnya.

darsim, orang sebelah rasim, berkata sampai dikala ini belum terdapat dorongan dari pemerintah buat menolong keluarga tersebut. sampai kesimpulannya istri rasim terpaksa bekerja ke jakarta bagaikan tulang punggung keluarga.

" dorongan buat menyembuhkan rasim sampai dikala ini tidak terdapat, amat dorongan yang sifatnya universal, serupa blt. kesimpulannya istrinya terpaksa berangkat ke jakarta bekerja bagaikan pembantu. bahwa buat sekolah, bisa jadi sudah terdapat dorongan dari dana bos ataupun apa, jadi guru - guru kendar pula turut bantu, " ucapnya.

wantoro, guru sekalian wali kelas kendar di sdn 1 karang bawang, berkata kendar menggambarkan anak yang giat dan juga suka menolong orang tua. walaupun kadangkala kerap terlambat dan juga tidak masuk sekolah, tetapi ia senantiasa izin.

" terlambat kerap, karna wajib mengasuh ayahnya, tetapi ia anak yang giat, " ucapnya.

wantoro menarangkan kendar pula anak yang jujur. kendar jujur bila kakinya senantiasa sakit sampai - sampai memohon izin supaya tidak gunakan sepatu ataupun sandal dikala berangkat ke sekolah.

" amat dikala berolahraga ia kerap minder, bisa jadi karna fisiknya, ya. buat kedewasaan, ia lebih berusia dibandingkan sahabatnya. ia pula anak yang berani dan juga sopan. sempat ia izin ke aku bahwa kakinya sakit dan juga tidak ingin gunakan sepatu sama gunakan sandal. aku bilang tidak apa - apa, yang berarti kalian sekolah, " jelasnya.

" beruntung pula sahabat kendar baik dan juga hirau. tingkatan sosial sahabatnya pula besar. sahabatnya pula turut menolong, misal kendar nampak termenung, sahabatnya pada jajanan, kesimpulannya itu sahabatnya pada kasih dan juga menghibur kendar, " sambungnya.




( sumber : http:// www. infopagi. net/2017/03/mengharukan-kisah-seorang-bocah-sd-yang. html  )

TerPopuler